Waspadai Kanker Kulit

Waspadai Kanker Kulit
Waspadai Kanker Kulit

Kanker kulit, adalah penyakit dipantau. Pada tahap awal, kanker kulit dapat menyebabkan kecacatan dan dapat merusak penampilan, bahkan dalam stadium lanjut, kanker kulit dapat menyebabkan kematian.

Dr Gunawan Budisantoso, SpKK, Jakarta, Selasa (2013/04/25), menjelaskan kanker yang dapat dideteksi sedini mungkin. Memang, posisi dan gejala terlihat dengan mata manusia, tepatnya pada permukaan kulit.

Jadi jangan mengabaikan kelainan yang mencurigakan pada kulit Anda. Adalah sebagai kelainan benjolan, tahi lalat dengan permukaan yang halus atau kasar.

â € œJika Anda memiliki tahi lalat, bentuk simetris, tidak teratur, biru gelap warna, ukuran dan meningkatkan ketebalan dan permukaan telah dimodifikasi, itu juga diduga, â € katanya. dr.

Luka dari waktu ke waktu sebagai ulkus dengan memproyeksikan tepi, seperti kawah, warna kebiruan gelap, benjolan yang tumbuh dan menyebar, seperti kembang kol, menyakitkan, dan mudah berdarah bau busuk juga menjadi indikator awal kanker kulit.

Faktor-faktor yang memicu kanker kulit adalah paparan berlebihan terhadap sinar matahari, kontak dengan bahan kimia karsinogenik dan efek dari radiasi pengion. Albino orang, putih dan berambut pirang yang kekurangan pigmen, dan riwayat keluarga kanker juga berisiko lebih tinggi terkena kanker kulit.

â € œPemeriksaan teratur sehingga setiap perubahan pada kulit dapat dideteksi sedini mungkin. Interval waktu enam bulan cukup untuk orang dengan kulit coklat. Anda juga dapat lebih cenderung menggunakan sun block jika Anda ingin keluar dari rumah. Hal ini sangat penting, â € saran Gunawan.

Dijelaskan ada tiga jenis kanker kulit, belut dasar yaitu karsinoma, karsinoma sel skuamosa dan melanoma maligna.
Karsinoma sel basal (KSB) merupakan jenis kanker kulit yang paling sering. Kanker ini tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh oleh darah. Hanya pada daerah yang terkena saja. Pertumbuhan lambat, â € jelasnya.

Biasanya, kata Gunawan, KSB mengenai wajah dan leher pasien. Pasien juga lebih hanya kulit putih yang memiliki kurang pigmen, dan sering terpapar sinar matahari.

Sementara karsinoma sel skuamosa (SCC) merupakan kebalikan dari KSB. Kanker jenis ini tumbuh lebih cepat dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh oleh darah. Biasanya, pasien mengalami pembengkakan kelenjar getah bening.

â € œBiasanya ditemukan pada bibir bawah, lidah, hidung, vulva, transisi antara mukosa dan kulit, â € jelas Gunawan.

Jenis terakhir adalah melanoma ganas, adalah yang paling pintar. Tapi jangan khawatir, jenis kanker kulit yang paling langka.

â € œSelama 27 tahun sebagai dokter kulit, saya baru tahu bahwa tiga pasien dengan jenis kanker kulit, â € pungkasnya. Gunawan.

Bisa Picu Kanker, BPOM Tarik Obat Lambung Ranitidin dari Peredaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *