Waspadai 4 Tanda Awal Kanker Kulit yang Kerap Diremehkan

Waspadai 4 Tanda Awal Kanker Kulit yang Kerap Diremehkan
Waspadai 4 Tanda Awal Kanker Kulit yang Kerap Diremehkan

kanker kulit, termasuk melanoma, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa, sering didahului oleh perubahan pada kulit pertumbuhan baru atau lesi prakanker perubahan yang bukan kanker tetapi dapat menjadi kanker di dari waktu ke waktu.

Diperkirakan 40 sampai 50 persen kulit putih yang hidup sampai usia 65 akan mengembangkan kanker kulit setidaknya satu. Untuk ini, kita harus belajar untuk mengenali tanda-tanda kanker kulit dapat disembuhkan jika terdeteksi dan diobati dini.

Berikut adalah empat tanda-tanda awal kanker kulit untuk menonton.

1. Mole
mol adalah pertumbuhan melanosit (sel yang memberi warna pada kulit) yang jinak. Meskipun sangat sedikit yang mengembangkan kanker, tahi lalat yang tidak normal atau tidak biasa dapat mengembangkan melanoma lebih sesekali.

Tahi lalat yang mungkin telah berubah menjadi kanker kulit sering berbentuk tidak teratur, mengandung banyak warna, dan lebih besar dari ukuran penghapus pensil. Umumnya tahi lalat berkembang di usia muda atau dewasa muda. Jika tiba-tiba muncul mol ketika dewasa, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

2. actinic keratosis

permainan bersisik disebabkan oleh terlalu banyak sun. biasanya terjadi pada kepala, leher atau tangan, tetapi dapat ditemukan di tempat lain.

Meskipun sebagian besar tidak mengembangkan kanker kulit, tetapi bisa menjadi tanda peringatan awal kanker kulit. dokter bahkan merekomendasikan pengobatan dini untuk mencegah perkembangan sel skuamosa kanker kulit.

Orang yang paling berisiko terkena actinic keratosis adalah rambut putih, merah atau pirang dan mata biru atau hijau.

3. Actinic cheilitis

Terkait dengan actinic keratosis, actinic cheilitis adalah kondisi prakanker yang biasanya muncul di bibir bawah dalam bentuk patch bersisik kasar atau bibir persisten.

gejala yang kurang umum lainnya adalah pembengkakan pada bibir, hilangnya batas yang jelas antara bibir dan kulit, dan garis bibir yang menonjol. Tidak diobati, actinic cheilitis bisa berubah menjadi karsinoma invasif skuamosa.

4. Tanduk Dermal (Kulit Horn)

kulit tanduk terdiri dari keratin dipadatkan (protein yang sama di kuku), muncul menyerupai corong yang membentang dari dasar perbesaran merah pada kulit.

Apakah jenis khusus actinic keratosis memiliki ukuran dan bentuk pertumbuhan bervariasi. Namun, sebagian besar memiliki panjang beberapa milimeter.

Itu 4 tanda-tanda awal kanker kulit untuk menonton. Semoga bermanfaat.

Waspadai Kanker Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *