Waspada, Kulit Gatal Tanpa Ruam Mungkin Gejala 5 Penyakit Kronis

Waspada, Kulit Gatal Tanpa Ruam Mungkin Gejala 5 Penyakit Kronis
Waspada, Kulit Gatal Tanpa Ruam Mungkin Gejala 5 Penyakit Kronis

kulit gatal juga disebut pruritus yang sering membuat orang tidak nyaman dan selalu ingin meringankan gatal tergores.

Gatal kulit biasanya sembuh sendiri tanpa pengobatan. Penyebab kulit gatal juga bervariasi, mulai dari gatal-gatal dengan ruam atau tanpa ruam.

kulit gatal dengan ruam dan benjolan, paling sering disebabkan oleh iritasi pada kulit. Namun, gatal-gatal kulit tanpa ruam mungkin merupakan tanda penyakit serius.

Peluncuran HealthLine, ada 5 jenis penyakit kronis sehingga gejala awal seperti gatal-gatal pada kulit.

1. Gangguan Tiroid

Tiroid adalah organ vital dalam jenis kelenjar di leher. Fungsinya adalah untuk melepaskan hormon yang mengatur pertumbuhan dan metabolisme.

Jika seseorang memiliki masalah atau gangguan tiroid, gejala khas seperti gatal-gatal pada kulit.

2. Penyakit ginjal

masalah ginjal seperti ginjal atau gangguan ginjal tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan kulit gatal. Hal ini disebabkan oleh penumpukan limbah dalam tubuh.

Akibatnya, penyakit ini dapat menyebabkan kulit kering, keringat keras, metabolisme yang buruk, akumulasi racun. masalah peradangan dan diabetes.

3. sakit hati

Masalah dalam hati juga dapat menyebabkan gejala gatal-gatal tanpa ruam. Secara khusus, masalah hati dapat menyebabkan tubuh aliran kolestasis empedu terganggu. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit kuning dengan gejala berikut:

urin gelap
mata kuning
kulit gatal

4. pankreas masalah

Pankreas adalah bagian penting dari sistem pencernaan tubuh. Seperti orang dengan penyakit hati, kanker pankreas atau masalah lain dapat mengembangkan gejala gatal-gatal kulit.

Gejala-gejala kulit gatal disebabkan oleh kolestasis dan jaundice. Pengobatan masalah pankreas dapat membantu meringankan gatal, seperti cholestyramine, colesevelam atau rifampisin.

5. kanker

gatal tanpa ruam kulit bisa menjadi tanda awal kanker. Karena beberapa kanker yang menyebabkan reaksi zat gatal kulit menjadi tumor.

Secara khusus, kanker melanoma biasanya menyebabkan kulit gatal di kaki dan dada. gatal hilang ketika pasien telah menerima perawatan medis, kemoterapi atau radiasi.

Lewatkan Makan Agar Bisa Beli Makeup, Gadis Ini Terkena Kanker Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *