Mungkinkah Perempuan Penderita Wasir Melahirkan Normal?

Mungkinkah Perempuan Penderita Wasir Melahirkan Normal?
Mungkinkah Perempuan Penderita Wasir Melahirkan Normal?

Wasir atau ambeien bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Selama ini ada anggapan yang menyebut bahwa bumil yang mengidap wasir tak bisa melahirkan normal. Lantas seberapa benar anggapan tersebut?

Menurut dokter spesialis bedah dari Rumah Wasir, dr. Panondang, Sp.B, anggapan bahwa bumil tak bisa melahirkan normal hanya mitos semata. Jika wasir diberi tindakan medis dengan cara dan waktu yang tepat maka ibu hamil tetap bisa melahirkan secara normal.

“Bila ibu hamil menderita wasir tidak boleh dibiarkan. Mereka harus segera menghilangkan wasir dengan cara operasi sampai ke akar-akarnya dan bumil tetap bisa melahirkan secara normal,” katanya dalam temu media “Pengobatan Wasir Aman Pada Ibu Hamil” di Bekasi, Selasa, (5/5/2015).

Namun, dr Patondang menegaskan bahwa bumil tak boleh sembarangan menerima tindakan medis untuk menghilangkan wasir. Pasalnya, tindakan tertentu bisa membahayakan janin dalam kandungan.

“Wasir pada ibu hamil memang harus langsung ditangani dengan pengobatan sebelum melahirkan. Tetapi tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat-obatan tertentu penghilang wasir yang menimbulkan efek samping,” imbuhnya.

Untuk tindakan operasi saja, dr Patondang menyarankan bumil melakukannya pada trimester kedua kandungan. Pasalnya jika dilakukan di trimester awal, dikhawatirkan dapat membahayakan proses pembentukan janin dalam kandungan.

“Saya sebagai dokter akan menghindari operasi wasir saat trimester pertama karena dikhawatirkan dapat mengganggu proses pembentukan janin. Saat trimester ketiga juga ditakutkan terjadi kontraksi sehingga melahirkan bayi prematur. Jadi sebaiknya bumil melakukan pengobatan wasir saat trimester kedua yang tidak memiliki risiko besar,” terangnya.

Gejala Wasir dan Kanker Usus Besar Berbeda Loh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *