Buah Beri Liar Bisa Membantu Terapi Kanker Pankreas

Buah Beri Liar Bisa Membantu Terapi Kanker Pankreas
Buah Beri Liar Bisa Membantu Terapi Kanker Pankreas

Penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa utara berry liar asli Amerika untuk meningkatkan efektivitas obat kemoterapi yang biasa digunakan untuk mengobati kanker pankreas.

Tim di rumah sakit King College dan University of Southampton menguji efektivitas ekstrak chokeberry (Aronia melanocarpa) untuk membunuh sel-sel kanker dengan apoptosis (kematian sel terprogram).

Studi ini menemukan bahwa ketika menggunakan campuran ekstrak buah liar dan obat kemoterapi, sebagian besar sel-sel kanker mati jika hanya menggunakan obat konvensional.

Aronia sendiri memberikan yang tumbuh liar di bagian timur Amerika Utara di lahan basah dan daerah rawa.

buah ini mengandung vitamin dan antioksidan, termasuk berbagai polifenol – senyawa yang seharusnya untuk mengurangi jumlah sel-sel ganas dalam tubuh.

“Hasil Menjanjikan telah menunjukkan bahwa polifenol ini memiliki potensi terapi besar tidak hanya untuk tumor otak, tetapi juga kanker pankreas,” kata Harcharan Rooprai Raja College Hospital.

Dalam studi tersebut, para peneliti masih dalam tahap awal, yaitu pengobatan eksperimental sel kanker pankreas di laboratorium dengan kombinasi obat gemcitabine dan ekstrak chokeberry.

Meskipun hasil penelitian yang sangat menarik dan menjanjikan, tapi agen British of Cancer Research mengatakan lebih banyak upaya diperlukan untuk menguji efektivitas buah ini, terutama pada manusia.

5 Jenis Makanan Pemicu Kanker, Hindari Mulai Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *