Apa itu kista cokelat?

Kista cokelat adalah kista indung telur yang berisi darah tua. Kista ini, yang oleh dokter disebut endometrioma, tidak bersifat kanker, walaupun biasanya berarti bahwa endometriosis seseorang cukup parah untuk memperumit kesuburannya.

Antara 20 dan 40 persen orang dengan endometriosis mengembangkan kista cokelat .

Pada artikel ini, kami mengeksplorasi penyebab, gejala, dan perawatan kista cokelat. Kami juga melihat cara-cara kista dan endometriosis ini dapat memengaruhi kesuburan.

Penyebab

Endometriosis menyebabkan kista cokelat. Jaringan endometrium melapisi rahim, dan endometriosis menyebabkan jaringan ini tumbuh di luar rahim juga.

Jaringan endometrium dapat menempel pada ovarium, saluran tuba, dan organ di sekitarnya, seperti kandung kemih. Ini dapat menyebabkan nyeri, periode yang berat, dan juga dapat merusak organ yang terpengaruh.

Dokter membagi endometriosis menjadi beberapa tahap , sesuai dengan sejauh mana jaringan endometrium telah menyebar ke area lain dari tubuh. Tahap 3 dan 4 adalah yang paling parah, dan mereka yang paling mungkin menyebabkan endometrioma.

Jika seseorang dengan endometriosis tidak menerima perawatan, itu dapat tumbuh lebih parah, dan kista coklat dapat berkembang.

Kista coklat adalah kantung yang mengandung darah tua. Mereka menempel pada ovarium dan dapat mempengaruhi fungsi ovarium. Dalam beberapa kasus, kista cokelat dapat menghentikan ovarium bekerja dan mencegah kehamilan.

Dokter tidak tahu apa yang menyebabkan endometriosis. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa estrogen memainkan peran kunci , meskipun para peneliti tidak yakin mengapa hormon menyebabkan kondisi pada beberapa orang dan tidak pada orang lain.

Faktor risiko untuk endometriosis dan kista cokelat dapat meliputi :

  • Genetika : Orang dengan riwayat keluarga endometriosis lebih mungkin untuk mendapatkan kondisi tersebut.
  • Aliran menstruasi retrograde : Hal ini terjadi ketika darah menstruasi bergerak ke arah sebaliknya, naik ke saluran tuba bukannya keluar dari vagina.
  • Gangguan kekebalan : Masalah sistem kekebalan tertentu, terutama gangguan autoimun, dapat menyebabkan endometriosis.
  • Cedera : Kerusakan pada rahim atau struktur di sekitarnya berkorelasi dengan peningkatan risiko endometriosis. Cidera ini dapat terjadi, misalnya, selama persalinan sesar.

Gejala

Tidak mungkin mendiagnosis kista cokelat hanya dari gejalanya saja. Sebagai gantinya, dokter harus memeriksa ovarium dengan ultrasonografi .

Untuk secara meyakinkan mendiagnosis jenis kista ini, seorang profesional kesehatan perlu memeriksa jaringan di bawah mikroskop. Jika mereka masih tidak yakin, mereka dapat merekomendasikan menghapus kista untuk analisis.

Gejala-gejala kista cokelat mirip dengan endometriosis. Mereka dapat mencakup :

  • periode menyakitkan
  • nyeri panggul yang tidak dapat dijelaskan di antara menstruasi
  • rasa sakit saat berhubungan seks
  • masalah pencernaan
  • buang air besar yang menyakitkan
  • periode menstruasi yang berat
  • kesulitan hamil

Pengobatan